Tuesday, December 11, 2012

Canon Rilis Kamera Full-frame EOS 6D dengan WiFi & GPS

Canon EOS 6D
Hanya berselang beberapa hari setelah Nikon meluncurkan seri D600, sang rival yakni Canon tak mau kalah dengan merilis EOS 6D yang prediksinya sudah keluar beberapa waktu lalu.

Kamera ini digadang-gadang menjadi anggota keluarga EOS yang paling ringan, paling kecil dan tidak semahal kamera DSLR full-frame lain yang dirilis perusahaan ini.

Benar, sama dengan Nikon D600, kamera ini dibekali dengan sensor full-frame.Namun selain sensornya, sebenarnya ada 2 fitur kunci lain yang menjadi jagoan utama seri ini, WiFi dan GPS.

Dilansir dari TheVerge, Senin (17/9/2012), ini adalah kamera DSLR Canon pertama yang memboyong dua kapabilitas yang disebutkan di atas.

Kapabilitas ini membuka kesempatan bagi pemilik kamera untuk memakai aplikasi EOS Remote yang mendukung piranti iOS dan Android. Aplikasi ini berguna untuk melakukan kontrol pada 6D melalui smartphone.

Tentu saja, keberadaan WiFi di sini juga berguna untuk menikmati foto di kamera, dari ponsel atau tablet. Memindahkan foto langsung dari kamera ke piranti tanpa bantuan kabel? Hal ini juga bisa dilakukan. Sedangkan untuk GPS, fitur tersebut memungkinkan pengguna melakukan geotagging.

Menilik fitur lainnya, EOS 6D datang dengan sensor FF berkekuatan 20.2 MP, 11-point AF system dengansingle cross-type focus dan diperkuat dengan prosesor DIGIC 5+, sama seperti yang ada di 5D Mark III. Rentang ISOnya berada di antara 100 hingga 25.600 yang bisa ditingkatkan hingga 102.400.

Namun karena dibanderol lebih murah dari kamera pro EOS 5D Mark III, Canon harus melakukandowngrade. Beberapa di antaranya adalah optical viewfindernya yang hanya menawarkan 97% coverage, dibanding apa yang disajikan 5D Mark III dengan 100% coverage.

Tak ada built in flash di sini, dan untuk slot kartu penyimpanan, kamera berikut hanya mendukung satu SD card.

Dimensi yang lebih kecil juga berdampak pada LCDnya yang berukuran lebih sempit yakni 3-inch meski masih memiliki resolusi yang sama yakni 1.04 juta titik, sama dengan Mark III.


Kamera EOS 6D ini dipasang di harga USD 2.099 (body only), sedang untuk yang ditemani lensa kit EF 24-105mm f/4L IS USM dibandrol USD 2.899 dan akan dihadirkan pada bulan Desember tahun ini.

Berikut spesifikasi kunci Canon EOS 6D:

- Sensor CMOS full-frame 20.2 MP
- ISO 100-25.600 (standard), 50-102.800 (expanded)
- Image processor DIGIC 5+
- Modus 'silent' shutter
- Kemampuan continuous shooting 4,5 fps
- Built-in Wi-Fi dan GPS
- Perekaman video HD 1080 30 fps.
 

1 comments:

Unknown said...

centralkamera571

Post a Comment

 
Design by fotografer.net