Friday, July 5, 2013

Memperbaiki Foto Saat Subyek Ada Di Shadow Dengan Photoshop


Shadow ba
Sekali-kali pernah dong memotret subyek yang membelakangi cahaya, baik itu orang ataupun subyek lain (gedung, binatang). Dan kebetulan kita tidak bawa reflektor/flash atau memang lupa melakukan kompensasi exposure sehingga muka si subyek foto menjadi gelap (shadows) sementara background lumayan terang (highlights). Oke, ada cara cepat memperbaikinya, salah satunya adalah dengan cara kuno di photoshop memanfaatkan Shadows/Highlights adjustment. Caranya cukup cepat, silahkan:

Buka foto di photoshop

Memperbaiki shadow 1
Dari foto diatas, idealnya kita ingin membuat wajahnya lebih terang namun background tetap tidak terbakar.

Aktifkan: Image > Adjustment > Shadows/Highlights

Shadows highlights

Dalam kotak dialog shadows/highlights:

Saat muncul kotak dialog, bagian gelap akan secara otomatis diterangkan sebanyak 35%. Problemnya adalah, muka masih tetap kurang terang. Kalau kita nekad menaikkan shadows lagi menjadi 80%, bagian terang menjadi terlalu terang, sehingga secara keseluruhan foto tampak aneh dan flat:
Shadows highlights 2

Show more options

Triknya adalah dengan mengaktifkan Show More Options, centang kotak bertuliskan “show more options” dibagian bawah kotak dialog, maka akan muncul opsi adjustment yang lebih banyak. Kemudian naikkan slider Radius, saya menaikkan ke angka 150. Sekarang untuk menjaga agar highlights tidak terlalu terang, naikkan slider Highlights, disini saya kasih 40% sementara Radiusnya sama 150. Untuk foto yang berbeda, pastikan anda melihat efek perubahan yang dialami foto saat menggeser slider:
Shadows highlights 3

Hasil Akhir

Memang tidak akan sebagus kalau kita membawa reflektor/flash untuk menerangi wajah yang ada di shadow, namun paling tidak foto ini sudah bisa dipakai untuk diproses lebih jauh.

Selamat mencoba.

 
Design by fotografer.net