Sunday, January 6, 2013

Efek Kamera Lomo Dengan Photoshop

http://fotografiindo.blogspot.com/
Efek Kamera Lomo
Saat saya melihat tone warna di foto ini, saya ingin sekali mendapatkannya. Dan akhirnya saya tahu bahwa foto ini diambil oleh kamera unik yang bernama kamera lomo. Kamera lomo menggunakan film, yang membuat saya agak malas. Dasar otak zaman digital, apalagi kalau bukan photoshop yang terlintas di kepala hehe....
Banyak cara untuk mendapatkan tone lomo, ini adalah salah satu cara saya. Langkah pertama adalah buat Vignette terlebih dahulu. Untuk membuat vignette juga banyak cara, untuk kali ini saya membuat lingkaran asal dengan menggunakan lasso tool. Kemudian di inverse selection dengan cara menekan Cmd (Ctrl untuk PC ) + shift + I.

http://fotografiindo.blogspot.com/

Kemudian pilih curve atau level adjustment layer, geser hingga bagian pinggir foto menjadi gelap. Foto lomo identik dengan kontrast yang tinggi dan warna yang agak ‘melenceng’. Hal ini disebabkan karena biasanya pemilik lomo mencuci slide-nya dengan cross processing yang artinya mencuci slide positif (E6) dengan proses mencuci film negatif (C41).
Untuk menaikan kontras, bisa dengan membentuk kurva ‘S’ pada curves adjustment layer seperti gambar di bawah.

http://fotografiindo.blogspot.com/ 

Buat layer baru, kemudian isi dengan warna hitam ( Edit -> Fill -> Black ). Lalu ubah blending mode menjadi Hue dan pasang opacity sekitar 50%. Saya sedikit mengurangi intensitas warna merah, juga dari channel Red curve adjustment layer.

http://fotografiindo.blogspot.com/

Baik, tone lomo sudah kita dapatkan. Tapi untuk finishing, untuk memperkuat kesan lomo kita bisa menggunakan teknik sharpening. Proses sharpening yang juga dapat meningkatkan kontras bisa dilakukan dengan mengganti color space menjadi Lab ( Image -> Mode -> Lab Color ).
Kemudian pada channel Lightness saja, gunakan Unsharp mask ( Filter -> Sharpen -> Unsharp mask) 50% dengan radius 50 px serta threshold 0. Ini akan menajamkan gambar serta menambahkan kontras.
Setelah itu jangan lupa kembali ke mode RGB
Berikut ini adalah foto sebelum dan sesudah.

http://fotografiindo.blogspot.com/
http://fotografiindo.blogspot.com/

Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment

 
Design by fotografer.net