Wednesday, May 1, 2013

10 Tips Dengan Kamera Pocket/Saku Membuat Foto Bokeh

Bokeh kalau anda belum mengetahuinya adalah karakteristik blur atau daerah diluar fokus yang indah dan bersifat memberi dimensi kedalaman dalam foto anda.
little skipper
Bokeh ini dihasilkan dari kamera pocket mungil Fujifilm Finepix F200EXR
kalau anda pengguna kamera pocket atau saku, jangan khawatir. Karena dengan kamera mungil itupun anda bisa menghasilkan bokeh, meskipun kualitasnya tidak sebagus kamera DSLR atau mirrorless. Pengen tahu caranya membuat bokeh dengan kamera pocket anda? simak 10 tips ini:
10 Tips Agar kamera Pocket atau Saku anda bisa menghasilkan bokeh yang bagus:
  1. Kalau anda menggunakan kamera pocket yang cukup canggih, biasanya disitu ada mode aperture priority, gunakan mode ini. Jika dikamera pocket anda tidak ada mode aperture priority, gunakan mode “Portrait” atau “Macro”.
  2. Natikan flash
  3. Idealnya carilah lokasi dengan cahaya yang cukup terang, outdoor adalah pilihan yang bagus. Kalau terpaksa harus memotret inddor, carilah ruangan dengan banyak jendela dimana cahaya cukup melimpah. Kalau cahaya memang tidak mencukupi pakailah tripod.
  4. Cari subyek foto yang cukup kecil dan memiliki tekstur atau kontras yang cukup sehingga kamera gampang mengunci fokus.
  5. Buat subyek terpisah dari background-nya. Sebagai contoh, saat anda memotret sebuah gelas diatas meja, pastikan obyek lain dibelakang gelas tersebut terpisah agak jauh. Jika jarak background kurang jauh, maka semua akan terlihat tajam difoto sehingga anda tidak menghasilkan bokeh.
  6. Agar bokeh maksimum, carilah background yang memiliki pola mencolok atau memiliki pantulan, misal kaca atau logam. Ini agar bokeh di foto terlihat lebih manis.
  7. Pegang kamera pocket anda sedekat mungkin dengan subyek utama yang anda ingin terlihat tajam.
  8. Kunci fokus pada subyek tersebut, pencet tombol shutter separuh
  9. Ambil foto dan periksa hasilnya di layar LCD, pastikan subyek utama terlihat tajam sementara backgroundnya tampak blur.
  10. Kalau kamera pocket anda memiliki optical zoom, gunakan zoom maksimal. Perhatikan, hanya optical zoom bukan digital zoom.
Dandelion bokeh
Bokeh dalam foto ini dihasilkan dari kamera pocket Canon Powershoot G12
Nah, selamat mencoba. kalau anda menggunakan kamera DSLR, baca 6 tips foto bokeh dengan DSLR anda.

2 comments:

Ham Dani said...

suka sama fotonya..
kalau terlalu dekat sama objeknya.. agak susah fokusnya..
tapi kalau bersabar .. hasilnya bakal bagus..

achmad fauzi said...

Bol

Post a Comment

 
Design by fotografer.net